Sekda DKI: KPK Sudah Periksa Seluruh Anggota Pemda Soal Reklamasi

Sekda DKI Saefullah usai keluar dari gedung KPK

Agen Bola Terpercaya
– Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah diperiksa KPK terkait penyelidikan reklamasi Pulau G. Menurut Saefullah, sudah banyak rekannya yang duduk di Pemprov DKI yang diperiksa. “(Diperiksa hal yang) Sama. Jadi ini teman-teman di Pemda sudah banyak yang diperiksa. Mulai dari Bu Vera, Pak camat, Bu Tuty (Kepala Bappeda DKI Jakarta Tuty Kusumawati), para biro hukum. Itu semua sudah. Ini mungkin terakhir saya dari aparatur Pemda,” kata Saefullah di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2017).
Dalam pemeriksaan tadi, Saefullah juga menyebut materi pemeriksaannya ada yang terkait keterangan terdahulu, soal gratifikasi yang diterima oleh mantan anggota DPRD DKI Jakarta, M Sanusi. Dia menjelaskan soal pembahasan raperda reklamasi pantai Jakarta dengan Baleg DPRD DKI.
Proses pembahasan dilakukan sesuai jadwal, sebanyak 8 kali. Namun, dia menyatakan ada perdebatan penjang hingga deadlock antara eksekutif dan legislatif soal tambahan kontribusi 15 persen. “Tadi diulang lagi pertanyaan dulu (oleh KPK). Deadlock-nya seperti apa. Memang kita nggak sepakat antara DPRD, antara eksekutif dan legislatif soal angka 15 persen itu. Sehingga terjadi case yang sama-sama kita tahu semuanya,” ujarnya menandaskan.
M Sanusi adalah mantan Anggota DPRD DKI yang terbukti menerima suap Rp 2 miliar dari mantan bos Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja, berkaitan dengan raperda reklamasi pantai Jakarta. Selain itu, Sanusi dijerat dengan pasal pencucian uang. Sanusi diyakini mendapat ‘modal’ Rp 45,28 miliar dari rekanan Dinas Tata Air DKI Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here