Sate Klathak Joss Gandoss : Nyuus! Empuknya Sate Kambing dan Tongseng Sedap Berempah

Sate Klathak Joss Gandoss

Di Yogjakarta anda bisa mencicipi sate klathak khas bantul yang memiliki potongan danging yang sangat tebal dan juga lumayan besar. Tidak hanya itu saja, disediakan juga mie goreng kambing yang sangat berempah sekali. Maknyus!

Pada daerah Tambun, Bekasi terdapat sebuah warung Sate Klathak Joss Gandoss yang sangat populer sekali. Warung sate kambing ini letaknya di dalam perumahan Grand Wisata atau lebih tepatnya lagi berada dalam kawasan Ruka River Town.

Namun terdapat sebuah hal yang sangat menarik sekali pada warung yang satu ini. Pada bagian nama warung ini sangat cukup menyita perhatian warga sekitar maupun warganet. Karena nama dari warung ini diambil dari bhasa Jawa dan juga kata-kata ini sering diucapkan oleh penyanyi dangdut Soimah, yaitu Joss Gandoss.

Seperti yang dikatakan oleh banyak orang, warung ini sate tersebut menempati sebuah ruko tiga lantai dan tampilannya sangatlah modern sekali. Pemilik warung menjadikan lantai dasar dan lantai duanya sebagai area santap.

Pada bagian interiornya di hiasi dengan warna merah. Namun jika memilih lantai dasar dan lantai dua, maka sebaiknya memilih lantai dua. Dikarenakan pada lantai kedua terdapat foto pemandangan dari kota Yogjakarta hingga foto-foto Candi Prambanan.

Sate Klathak Joss Gandoss

Menurut dari salah satu pegawai yang bekerja disana, ‘kata Joss Gandoss’ ini memiliki sebuah arti, yaitu ‘lebih dari enak’. Mendengar dari namanya saja tentunya anda sudah tidak sabar merasakan sate ini bukan.

Sajian yang diberikan tidaklah terlalu banyak, akan tetapi semua sajian tersebut rata-rata terbuat dari daging kambung. Menu yang disajikan berupa Sate Klathak Kambing, Tongseng, Tengkleng, Kwetiau Goreng Kambing, Nasi Goreng Kambing, Mie Goreng Kambing. Selain daging kambing, juga terdapat hidangan berupa daging ayam sebagai bahan utamanya.

Tak tunggu lama lagi, tim pun mencoba untuk memsan Sate Klathak Kambing yang terkenal itu, Tongseng kambing dan juga Mie Goreng Daging Kambing. Setelah memesan maka sate klathak tersebut pun langsung dibakar, sehingga tim dan para pembeli bisa melihat langsung proses pembakan sate klathak tersebut.

Pembakaran sate tersebut terletak pada bagian depan ruko. Bagi anda semua yang belum tahu, terdapat keunikan dari sate klathak ini yang terletak pada bagian tusukannya yang menggunakan jerugi sepeda sebagai tusukan satenya. Katanya dengan menggunakan metode ini maka sate daging kambing tersebut dapat matang dengan menyeluruh. Hal ini juga bisa dilogikan karena jeruji dari besi tersebut bisa lebih lama menyimpan panas dibandingkan dengan menggunakan tusuk sate yang biasa atau dari bambu.

Sate Klathak Joss Gandoss

Namun warung ini juga menggunakan tusuk sate dari bambu dan hanya untuk para pembeli sate klathak yang memilih untuk dibungkus untuk dibawa pulang.

Sate klathak ini dibakar dengan menggunakan bumbu yang cukup minimalis sekali, yakni hanya menggunakan garam dan merica. Setelah itu sate klathak tersebut akan di panggang menggunakan arang batok kelapa yang akan mengeluarkan aroma yang sedap. Aroma ini tentunya akan membuat anda semakin membuat perut anda merasa keroncongan!

Setelah sate tersebut berwarna hitam kecokelatan, maka sate klathak kambing pun siap untuk disajikan. Dlam satu porsi terdapat 5 tusuk sate kambing klathak. Sate ini disajikan dengan sangat lengkap karena anda akan diberikan sambal, acar dan kuah gule.

Sate Klathak Joss Gandoss

Keistimewaan dari sate kambing dari warung Joss Gandoss ini memiliki potongan daging kambing yang sangat tebal dan lumayan besar. Ketika digigit sate kambing tersebut, rasanya sangatlah gurih dan rasa garam yang pas dengan potongan daging tersebut. Namun terdapat juga bagian yang alot pada bagian sisinya, mungkin tidak terbakar dengan merata. Namun sate klathak ini sangat mengunggah selera sekali, sangat empuk sekali ketika digigit pada bagian daging dan terasa juga lemaknya pada sate tersebut.

Sementara itu, kuah gule yang memiliki warna kuning itu memilih aroma yang begitu gurih santan, serai dan juga semilir jintan. Rasa asin yang begitu pas sekali yang bisa mengimbangi kelezatan dari sate klathak kambing ini. Sate klathak kambing ini juga tak kalah enak digabungkan dengan sambal merah yang rasanya lumayan pedas.

Setelah siap mencicipi sate klathak ini, tim pun langsung menyantap menu selanjutnya, yaitu Tongseng Kambing. Tongseng ini disajikan dengan hangat dan memiliki isian yang begitu melimpah, meskipun isi dalam tongseng kambing ini hanya berupa daging kambing, jeroan kambing, kol serta dengan tomat dan juga beberapa cabe rawit utuh.

Sate Klathak Joss Gandoss

Kuah tongseng ini tidaklah terlalu kental sehingga rasanya sangatlah gurih sekali ketika dicicipi perlahan-lahan. Namun disarankan untuk berhati-hati mencicipi tongseng kambing tersebut bagi yang tidak menyukai pedas. Karena terdapat kemungkinan cabe rawit utuh tersebut bisa terselip ketika anda sedang menyantap tongseng kambing tersebut.

Setelah menyantap tongseng kambing tersebut, maka sebagai penutupan tim pun menyantap mie goreng kambing. Menurut tim yang berada langsung di lokasi, menu mie goreng kambing ini menjadi menu yang wajib anda pesan. Karena pada warung Joss Gandoss ini menggunakan mie hokkien yang tebal seperti spaghetti.

Sate Klathak Joss Gandoss

Aroma dari bumbu gule yang semerbak dijamin akan membangkitkan rasa selera makan anda. Warna dari mie goreng kambing ini sangatlah menggoda sekali, cokelat kehitaman. Potongan daging kambing dan juga jeroan kambing yang tersebar dalam tumpukan mie goreng. Tidak sampai disitu saja, terdapat juga telur orek dan potongan sawi dalam sajian mie goreng kambing tersebut.

Tak tunggu lama lagi, tim pun langsung menyantap mie goreng kambing tersebut dan rasanya maknyus sekali. Dari semua pesanan tadi, tidak ada sama sekali aroma prengus pada menu yang disajikan kepada tim kami. Jadi bagi anda penggemar daging kambing atau ingin mencoba menu daging kambing ini maka bisa langsung menuju wilayah Tambun, dan bisa mampir kedalam warung Sate Klathak Joss Gandoss.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here