Pesan Jokowi Selesai Indonesia Dipilih Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

Indonesia Dipilih Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

tidak tetaplah Dewan Keamanan PBB.

Dengan kondisi itu, Jokowi menyebutkan Indonesia semakin lebih mempunyai peranan dalam membuat perdamaian serta kestabilan ketertiban dunia.

” Kita juga akan bertindak melakukan ketertiban dunia yang berdasar pada kemerdekaan, perdamaian kekal serta keadilan sosial, ” kata Jokowi seperti diambil dari website setkab. go. id, Sabtu (9/6/2018).

Indonesia sudah dipilih jadi Anggota Tidak Tetaplah Dewan Keamanan PBB untuk Periode 2019 – 2020, sesudah berhasil menjaring nada yang diperlukan dalam voting yang dikerjakan dalam Majelis Umum PBB di New York pada Jumat, 8 Juni 2018 jam 09. 00 waktu setempat.

Pengambilan suara dibarengi oleh 190 negara dari keseluruhan 193 anggota Majelis Umum PBB. Tiga negara tidak turut dan dalam pengambilan suara itu.

Prasyarat agar calon dapat dipilih dalam sistem voting itu yaitu mesti sukses menyatukan 127 nada atau dua pertiga dari anggota tetaplah PBB. Serta, nada yang dihimpun oleh calon mesti melebih negara saingan dalam satu group yang sama.

Dengan keseluruhan nada sejumlah 144, Indonesia sukses menyatukan vote lebih banyak dibanding Maladewa saingannya dalam group Asia-Pasifik yang hanya menjaring 46 nada. Sekian seperti disiarkan dalam saluran tayangan segera PBB lewat daring, Webtv. un. org, Jumat, (8/6/2018).

Indonesia juga akan jadi Anggota Tidak Tetaplah Dewan Keamanan PBB dengan negara dari group beda yang sukses menyatukan nada paling banyak dalam voting itu.

Mereka diantaranya, Jerman (184) serta Belgia (181) dari Group Eropa Barat serta Negara Beda, Afrika Selatan (183) dari Group Afrika ; dan Republik Dominika (184) dari Group Amerika Latin serta Karibia.

Keberhasilan ini buat Indonesia kembali dipilih jadi Anggota Tidak Tetaplah DK PBB untuk ke-4 kalinya selama histori Tanah Air, sebelumnya setelah sempat menempati kursi itu pada periode 1973-1974, 1995-1996, serta 2007-2008.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here